Buah Karamunting

No Comments

Rhodomyrtus tomentosa sekarang baru tahu bahwa itu nama latin dari karamunting, karamunting atau sering di sebut oleh sebagian masyarakat gelumbang buah sedudok ini banyak tumbuh liar di daerah hutan gelumbang dan sekitarnya,

batang karamunting itu sendiri memiliki pertumbuhan yang cepat dan tingginya mencapai 1-3 meter. daunya berbentuk oval.sebelum berbuah,pucuk karamuting berbunga terlebih dahulu dengan warna merah muda (pink) sampai ungu dengan  benang sari banyak dan  tidak beraroma.


Buah karamunting  berbentuk lonjong. Saat mau matang, buah yang sebelumnya berwarna hijau berubah menjadi merah agak kecoklat-coklatan. Buah karamunting yang telah matang berwarna ungu,isi buah karamunting memiliki biji kecil-kecil. dan biji tersebut bia dimakan. dan pastinya buahnya sangat manis. (jambu biji versi mini)

Buah karamunting merupakan bekal saat bermain di hutan bersama teman-teman saatku kecil. karena buahnya keci-kecil pas dalam saku celanaku dan teman-teman. kadang kami sengaja pergi ke hutan untuk mengambil buah karamunting tersebut. berbekal kantong asoy (kantong keresek) kami mengambil karamunting tersebut hingga penuh.

Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home
  • 0Blogger
  • Facebook
  • Disqus

Leave your comment

Post a Comment

comments powered by Disqus