Suku Belida

9 comments

Suku Belida atau suku Belide, adalah suatu masyarakat yang bermukim di sepanjang sungai Belida sampai ke sungai Musi.Suku Belida tersebar di kabupaten Muara Enim, yaitu di kecamatan Gelumbang, kecamatan Lembak,sebagian kecamatan Sungai Rotan, kecamatan Belida Darat dan kecamatan Muara Belida. Mereka juga terdapat di kotamadya Prabumulih


Di Indonesia, mungkin kalau ikan Belida banyak yang tahu, tapi kalau suku Belida, rasanya tidak banyak yang tahu, bahkan oleh penduduk di provinsi Sumatra Selatan sendiri, banyak yang tidak tahu tentang keberadaan suku Belida ini. Suku Belida telah lama menetap di sepanjang sungai Belida yang di sungai ini juga ditemukan populasi ikan Belida. Sejenis ikan yang dagingnya diolah untuk makanan khas sejenis krupuk yaitu Kemplang
.
Asal usul suku Belida sendiri, tidak diketahui secara pasti, hanya dari penuturan masyarakat setempat, yang mengatakan bahwa suku Belida telah menetap berabad-abad di wilayah dekat sungai Belida ini. Merekalah penghuni pertama wilayah ini, sebelum kedatangan suku-suku Melayu ke wilayah ini.
Suku Belida dalam kesehariannya berbicara menggunakan bahasa Belide, yang mirip seperti bahasa Melayu Pesisir. Karena beberapa kata yang ditemukan mirip dengan bahasa Melayu. Secara bahasa, suku Belida ini dikelompokkan ke dalam rumpun bangsa Melayu.

Bahasa Belida memiliki logat yang berbeda dengan bahasa-bahasa lain di sekitar wilayah pemukiman mereka. Pada saat ini bahasa Asli Belida, sepertinya mengalami pergeseran, karena para penutur bahasa Belida diperkirakan hanya tinggal diucapkan oleh para orang Belida dewasa dan orang Belida lanjut usia. Para generasi mudanya lebih suka berbicara dalam bahasa Melayu, seperti bahasa Melayu Palembang. Bahasa Belida saat ini, banyak dipengaruhi oleh bahasa Melayu Palembang. Jadi para pemakai bahasa Belida yang Asli di wilayah Belida sendiri sudah sangat jarang, karena dominasi bahasa Melayu Palembang sebagai bahasa pengantar di wilayah tersebut. Suatu cara untuk membedakan orang Belida dengan orang Palembang sangat mudah, karena orang Belida kalau berbicara sangat kentara logatnya berbeda dengan logat orang Palembang.
contoh bahasa Belida saat ini (sudah terpengaruh bahasa Melayu Palembang)

  • deri mana = dari mana
  • nak kamana mingkak ni = mau kemana kalian ini
  • segela = semua, segala
Menurut beberapa penelitian di masyarakat asal nama BELIDA adalah di jadikan sebuah nama suku,yaitu suku yang konon katanya suku yang mendiami atau berdomisili di wilayah perairan atau disekitar anak sungai Musi yang dikenal dengan anak sungainya BELIDA.

Jadi nama suku BELIDA ini asalnya dari penduduk yang berdomisili disekitar anak sungai Belida yang berasal dari wilayah anak sungai Batang Hari Sembilan.Batang Hari sendiri artinya adalah Sungai.

LETAK GEOGRAFIS WILAYAH BELIDA ( BELIDE )

Daerah dan kondisi alam untuk wilayah Belide ini termasuk dataran sedang sampai ke hilir sungai Lematang tidak terdapat gunung atau bukit-bukit dan lembah.Kondisi alam dan tanah seperti ini cocok bagi masyarakat suku Belide mayoritas hidup dengan mata pencahariannya adalah sebagai petani,seperti perkebunan karet,ladang, persawahan dan juga nelayan.

DESA BERMARGA BELIDE KABUPATEN MUARA ENIM
1. Kecamatan Gelumbang
Kelurahan Gelumbang
Desa Bitis
Desa Gumai
Desa Gaung Telang
Desa Jambu
Desa Karang Endah
Desa Karang Endah Selatan
Desa Kartamulia/Kerta Mulia
Desa Midar
Desa Payabakal
Desa Pedataran
Desa Putak
Desa Sebau
Desa Sigam
Desa Suka Jaya
Desa Suka Menang
Desa Talang Taling
Desa Teluk Limau
Desa Betung
Desa Melilian

2. Kecamatan Kelekar
Desa Embacang Kelekar

3. Kecamatan Belida darat
 Desa Babat
Desa Ibul
Desa Lubuk Getam
Desa Lubuk Semantung
Desa Sialingan
Desa Tanjung Baru
Desa Tanjung Bunut
Desa Tanjung Tiga
Desa Talang Balai
Desa Talang Beliung

4. Kecamatan Lembak
Desa Alai
Desa Gaung Asam
Desa Kemang
Desa Lembak
Desa Petanang
Desa Sungai Duren
Desa Talang Nangka
Desa Tapus
Desa Lubuk Enau

5. Kecamatan Muara Belida
Desa Arisan Musi
Desa Arisan Musi Timur
Desa Gedung Buruk
Desa Harapan Mulya/Mulia
Desa Kayu Ara Batu
Desa Mulia Abadi
Desa Patra Tani
Desa Tanjung Baru

6. Kecamatan Sungai Rotan
Desa Modong
Desa Paya Angus
Desa Penandingan
Desa Petar Luar
Desa Suka Cinta
Desa Suka Dana
Desa Suka Jadi
Desa Suka Maju
Desa Sukarami
Desa Tanjung Miring

KOTA PRABUMULIH
Desa/ Kelurahan Pangkul
 Desa/ Kelurahan cambai
  Desa/ Kelurahan Sindur
  Desa/ Kelurahan Muara Sungai
  Desa/ Kelurahan Sungai Medang
  Desa/ Kelurahan Tanjung Telang
Desa/ Kelurahan Karang Jaya
Desa/ Kelurahan Gunung Ibul

MAKANAN ATAU MASAKAN KHAS ORANG BELIDE

Nenek moyang suku Belide sudah sejak lama hidup sebagai petani dan berkebun,sehingga orang tua dulu dari suku Belide gemar dengan masakan khas atau makanan khas dengan beragam makanan dan masakan.
Ada beberapa makanan khas orang Belide yang terkenal di antaranya:
-Gulai Belide.
Gulai Belide atau Gulai dusun,yang bahan-bahan sayuran nya dari pucuk daun-daun kayu yang didapat dari hutan atau pinggiran sungai dan hasil kebun.Jenis pucuk kayu misal:
-pucuk Lamiding,sempraak,pucuk pakis,pucuk kayu meribungan(=belide).
-pucuk daun kacang atau labu,pucuk kayu lainnya yang didapat dihutan,bunga kunyit,umbut (umbi) lengkuas.
-pucuk asam kandis atau buah asam kandis kering,sebagai pengganti asam jawa,terung perat(=belide),singkong dipotong kecil,bisa ditambah dengan ikan yang sudah diasapi (ikan kering asapan (salai)), tentu lebih nikmat.

-Pede Udang / ikan.
Untuk lauk-pauk yang di kenal dengan nama Pede (Jenis Pekasam),makanan lauk jenis ini dibikin dari ikan segar atau udang di aduk dengan nasi panas, diolah dan melaui proses secara khusus beberapa hari,sebelum bisa dimasak.

-Botok (Pabotok).
Untuk lauk-pauk yang di kenal dengan nama Pabotok(Botok),makanan lauk jenis ini dibikin dari ikan yang sudah membusuk dari hasil tangkapan yang tidak diolah dan tidak melaui proses secara khusus,namun langsung dimasak dan di beri bumbu masak saja.

-Brengkes Ikan
Lauk-pauk yang satu ini mungkin sering di jumpai di daerah lain yang dikenal dengan nama PEPES IKAN,namun sepertinya ada perberaan sedikit mengenai bumbu yang digunakan,(serupa tapi tak sama).
Brengkes terbuat dari ikan segar yang ditaburi bumbu khusus seperti: daun pucuk asam kandis,sedikit cabe dan kunyit yang sudah dihaluskan,garam secukupnya,bisa di tambah bumbu lainnya,seperti serai,dan bawang yang dihaluskan,setelah bumbu diaduk rata bersama ikan lalu dibungkus dengan daun pisang lalu dipanggang diatas bara api hingga matang.

-Kue Mata Kerbau
Kue Mata Kerbau merupakan makanan ringan yang terbuat dari adonan tepung terigu yang dicampur pisang masak menjadi satu adonan,ditambah sedikit gula dan garam secukupnya,biasanya jenis pisang yang digunakan adalah jenis pisang Gedah atau pisang Awak atau pisang biji.
Makanan gorengan ini biasa disajikan untuk sarapan pagi hari pengganti sarapan nasi putih atau nasi goreng,bisa juga disajikan pada sore hari,untuk menemani secangkir kopi panas,sering disajikan bagi pekerja tukang rumah yang sedang bekerja borongan rumah misalnya,namun hal semacam ini bukanlah suatu keharusan.

-Gomak
Gomak adalah jenis kue yang terbuat dari bahan dasar singkong atau ubi kayu.
Singkong yang sudah di parut halus,di bentuk bulatan cekung,diisi dengan halusan gula merah yang sudah dicampur kelapa yang sudah diparut,lalu di goreng.(nah,..jadilah gomak)
.
-Kagodo atau Kegodo
Merupakan makanan ringan sama saja penyajian nya seperti kue Mata Kerbau atau Gomak.kue ini di bikin dari tepung terigu diadon dan diberi garam,penyedap rasa secukupnya,di tabur dan diaduk dengan irisan daun bawang dan udang segar ukuran kecil,lalu di goreng.
Gorengan semacam ini bisa di bikinkan kuah cuka seperti makanan Pempek Palembang agar lebih nikmat lagi.

-Grenteng
Ada lagi jenis makanan ini,terbuat dari bahan dasar adonan tepung beras atau tepung terigu atau juga bisa diganti bahan dasar singkong yang di parut halus,diberi garam atau gula bila mau bikin jenis grenteng manis, bisa juga gula merah.Adonan singkong parut dan gula merah tadi,di panaskan ditekan2 di dalam wajan degan sedikit minyak goreng (bukan digoreng, supaya tidak melekat didasar wajan saja), lakukan hingga matang,lalu disajikan dan siap disantap.
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home
  • 9Blogger Comment
  • Facebook Comment
  • Disqus Comment

9 Comments

  1. Numpang ngusul.
    Namaku Suherson asal Modong dan sekarang tinggal di Pangkalpinang Bangka.
    Aku lah lama de pertanyaan, mungkin ninek moyong urang belide ade hubungan dengan ninek moyong urang bangka, kerna Bahasa bangka sama persis dengan bahasa belide cuma beda dialek. Dusun di bangka benyak yangnsama dengan dema dusun di belide spt. Cambai, Ibul, Putak, Modong dll
    Siapapun yang beminat meneliti scr ilmiah masalh ini aku siap membentu. Ini noku 0813 6770 7052

    ReplyDelete
  2. mun cerita ninek bile ni, kerajaan sriwijaya pernah nyerang kerajaaan di bangka, trus bbrapa prajurit kerajaan bangka di bawa ke tanah tuboh utk dijedian tawanan. mngkin prajurit kerajaan bangka itu la asal muasal nenek moyang urang belide, tapi sampai minak ari belum ade yng membuktian kbenaran na.

    ReplyDelete
  3. Tambahan, semeta suku belide parang lentek, kujor,tumboklade atau di sebut rambai ayam,senjata beracun yg matikan

    ReplyDelete
  4. De men nyang muat web kani urang belide #SungaiMedang(Bhsa khas= wek dyah putau)

    ReplyDelete
  5. men uji urang karang jeya ni (MINTAK SEEPAK)

    ReplyDelete
  6. Supaya tau kelak Deri mna nian asal Bonek moyang kita belide ni

    ReplyDelete

comments powered by Disqus