Buah Talok

No Comments

                Talok, begitulah kami menyebut tumbuh-tumbuhan semak ini, jangankan nama latinnya nama bahasa Indonesianya saya tidak tahu. Tumbuhan ini banyak tumbuh di hutan gelumbang dan sekitarnya.Buah ini banyak meninggalkan cerita indah bagi anak-anak se usia ku dulu. Tumbuhan yang bisa tumbuh sampai 3 meter ini memiliki batang yang kokoh dan keras, daun yang simetris dan buah yang kecil-kecil setiap tangkainya.

                Untuk ukuran buahnya itu sendiri sebesar butiran jagung dan berbentuk bulat-bulat. saatku kecil,buah talok memiliki banyak manfaat bagi kami saat bermain di hutan. Buah Talok yang masak berwarna kecoklat-coklatan dan  memiliiki biji yang serabut.  Buah talok yang masak ini lah yang kami jadikan permen saat di hutan. Rasanya asam-asam manis pas menggantikan permen nano-nano di saatku kecil setelah rasa itu habis baru la ampas dan biji-bijinya di buang. Selain itu buah talok yang belum matang merupakan amunisi Cetoran saat bermain perang-perangan. Karena ukurannya yang kecil tidak terlalu sakit bila terkena di badan.
                Selain itu, batang talok juga memiliki manfaat bagi ibu-ibu di sekitar hutan, batangnya yang tidak terlalu besar ini pas untuk di jadilkan kayu bakar untuk memasak di dapur.

                Kata orang-orang tu benar, kita hidup selalu berdampingan dengan alam, alam telah menyediakan lahan untuk dimanfaatkan, tinggal kita yang melestarikan dan menjaganya.


Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home
  • 0Blogger
  • Facebook
  • Disqus

Leave your comment

Post a Comment

comments powered by Disqus