Normalisasi Sungai Penige

No Comments



Desa Kartamulia kecamatan Gelumbang melalui pemerintah setempat melakukan kegiatan normalisasi pada sungainya. Dengan menggunakan eskavator, kali ini sungai penige yang dikeruk. Sungai Penige merupakan anak dari Batanghari sungai belida di perbesar dan juga di gali lebih dalam.
Dahulunya di saat kecil sungai penige merupakan salah satu tempat memancing. selain airnya yang jernih dan sejuk, dahulunya ikan disini cukup banyak. setelah letih memancing, rasanya rugi tidak berendam di sungai ini.

Namun sekarang sungai ini sudah di normalisasi dengan cara di keruk. Kira-kira dalam pengerukanya bisa mencapai 2-3 meter. Sedangkan panjangnya penulis kurang tahu lebih jelas karena melihatnya dari atas jembatan sungai penige.
Ada beberapa keuntungan dari normalisasi sungai ini yaitu :
1.       Menciptakan kondisi sungai menjadi lebih lebar dan dalam untuk menampung debit air.
2.       Sungai mampu mengalirkan air menjadi lebih baik sehingga tidak terjadi luapan dari sungai ke area perkebunan dan rumah warga.
3.       Hasil dari galian tersebut dijadikan bendungan jika volume air lebih besar.

SSemoga dengan normalisasi sungai ini bisa menjadi lebih baik lagi. dan sungai bukan untuk tempat pembuangan sampah, melainkan bagian dari lingkungan yang harus kita jaga kelestariannya.





Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home
  • 0Blogger
  • Facebook
  • Disqus

Leave your comment

Post a Comment

comments powered by Disqus