Luapan Sungai Kartamulia

No Comments


Hujan lebat beberapa malam ini membuat batanghari sungai belida meluap. luapan sungai tersebut membuat beberapa rumah warga sekitar sungai di desa kartamulia dan sebau terendam banjir.


Banjir yang tak biasanya di desa kartamulia ini  meluap hingga ke jalan penghubung antara desa kartamulia ke desa teluk limau, desa betung, desa sukadana dan desa-desa yang berada di kecamatan Sungai rotan.
Sudah 2 hari ini banjir tersebut meluap hingga ke akses jalan. kemarin air meluap masih sekitar 20-40 cm, dan pada hari ini luapan banjir naik hampir 1 meter. selain jalan luapan banjir juga merendam Madrasah yang ada di sekolah tersebut.

kejadian luapan banjir ini membuat akses menuju desa-desa di kecamatan Sungai Rotan sementara lumpuh, banyak motor-motor warga yang mencoba menyeberangi luapan tersebut mati di tengah jalan. "alangkah deras ayek na, jioh men nak bejelan kani, la hamper 50 meter" ujar seorang warga sambil mendorong motornya di tengah banjir.



Hari ini beberapa pedagang yang hendak bejualan ke kalangan desa sukadana dan sukajadi terpaksa memutar balik dagangannya karena tidak berani menyeberangi banjir tersebut. begitupun dengan para pegawai yang hendak bekerja di wilayah kerja Sungai Rotan mengurungkan niatnya untuk bekerja.

Banjir di kartamulia cukup merugikan semua belah pihak. Petani karet desa kartamulia yang kebunnya ke arah Sukadana terpaksa tidak bisa menyadap, begitupun para pegawai di wilayah kerja Sungai Rotan mereka harus memutar kendaraannya melalui desa lembak yang tembusnya ke desa modong.

Hal ini memakan waktu lebih lama jika melalui jalan alternatif tersebut.
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home
  • 0Blogger
  • Facebook
  • Disqus

Leave your comment

Post a Comment

comments powered by Disqus