Speedboat ceritamu kini

No Comments


Selain perahu, kapal tongkang ataupun ketek, speedboat merupakan salah satu alat transportasi air di Sungai Musi Provinsi Sumatera Selatan. perahu menggunakan mesin ini bisa melaju dengan kecepatan 40 mill/jam.

Sekarang di sungai Musi speedboat tidak banyak lagi seperti dulu, masyarakat sekarang banyak beralih menggunakan kendaraan darat jika bepergian ke kota Palembang. misalnya dari desa Muara Lematang kecamatan Sungai Rotan ataupun Desa Tanjung Tiga Kecamatan Rantau Bayur jika mau ke Palembang. masyarakat banyak menggunakan kendaraan darat daripada kendaraan air, karena ongkosnya relatif lebih murah apalagi menggunakan speedboat.

Dulunya Speedboat di dua desa ini sekitar tahun 90 an merupakan sarana transportasi utama yang banyak diminati, karena dulunya akses jalan darat ke Palembang masih buruk. Speedboat dibilang cepat, karena dari desa itu hanya butuh 2 jam ke kota Palembang. 1 speedboat bisa memuat penumpang hingga 8-10 orang.

dulunya, selain untuk membawa penumpang speedboat juga sering digunakan untuk membawa hasil tangkap ikan para nelayan di pesisir sungai musi. selain ikan, para sopir juga sering membawa hasil tangkapan lainnya seperti Udang, Ikan Salai maupun Ikan Asin untuk dijual ke Kota Palembang dan sekitarnya.

Sekarang Speedboat sudah bekurang. kendaraan bebas macet ini tak ada lagi di desa Muara Lematang Kabupaten Muara Enim begitupun di desa Tanjung Tiga Kecamatan Banyuasin, pemilik speedboat didesa tersebut bisa dihitung dengan jari.


ini video admin berayau mengunakan speedboat klik link ini https://www.youtube.com/watch?v=mbTCh-rd_B0 jangan lupa like dan disubcribe ya ... ^_^ biar admin tambah semangat lagi ngepost..
....thanks....


Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home
  • 0Blogger
  • Facebook
  • Disqus

Leave your comment

Post a Comment

comments powered by Disqus